[126] Pengaruh Asing Tetap Besar PDF Print E-mail
Monday, 19 May 2014 21:03

Revrisond Baswir, Ekonom UGM

Masih terlampai pagi untuk menjawab. Karena hasil pemilu belum final. Setelah itu, kita juga harus bicara pilpres. Jadi kalau bicara antara pemilu dengan cengkraman asing, itu masih terlampaui pagi. Karena saat ini, semua pihak masih meraba-raba, hasil dari pileg ini apa dampaknya pada pilpres nanti. Siapa saja yang akan maju, siapa saja yang akan berkoalisi, jadi masih terlampau banyak pertanyaan untuk menjawab bagaimana Indonesia ke depan.

Kalau kekuatan asing, tidak perlu dikaitkan dengan pemilu. Jadi mau ada pemilu atau tidak ada pemilu, kekuatan asing di sini sudah sangat dominan. Karena pemilu bukan lagi menjadi variabel yang menentukan asing semakin mencengkeram Indonesia atau tidak.

Perlu diingat, ada atau tidak ada pemilu, cengkeraman asing di Indonesia saat ini sudah begitu kuat dan mendalam. Tapi kalau mau dikaitkan ke pemilu sekarang ini, itu masih terlampau pagi untuk dievaluasi.

Jadi pertanyaannya harus dibalik, apakah rezim terpilih mampu memengaruhi terhadap perkembangan ini, kan posisinya saja belum jelas. []

 

Untuk menambah keberkahan, disarankan untuk menyebarkan artikel pada situs ini dengan menyebutkan URL sumbernya.

Developed by SmileBizMedia. All rights reserved