[127] Amerika Berusaha Menghegemoni PDF Print E-mail
Saturday, 24 May 2014 22:04

Hamdan Bashar, Pengamat Timur Tengah

Di Timur Tengah mau pun di tempat-tempat lain di dunia ini, memang Amerika berusaha menyebarkan pengaruhnya. Jadi hegemoni Amerika itu ingin ada di mana-mana termasuk di Timur Tengah. Oleh karena itu setiap ada perubahan di Timur Tengah, Amerika berusaha hadir agar pengaruhnya tetap ada di sana.

Makanya, sekarang  ketika Hamas dan Fatah bersatu Amerika mengecam keras. Artinya, kan Amerika tidak menghendaki Palestina bersatu. Nah, bersatunya kedua kubu itu berarti kan merugikan kepentingan Amerika di sana. Itu menandakan aktivitas politik apa pun bila tidak sesuai dengan keinginan Amerika, Amerika akan mengecam.

Di Mesir, ketika yang berkuasa Mursi, kan dianggap kurang dekat, maka Amerika berusaha mendorong agar militer lagi berkuasa. Maka, dalam pemilu yang akan digelar tidak lama lagi maka militer akan berkuasa lagi dengan terpilihnya Jenderal al Sisi.

Di Suriah, karena Bashar Assad sudah tidak lagi dapat diharapkan, memang Amerika berusaha menurunkannya, tetapi Amerika kebingungan siapa yang mau menggantikan Assad di sana. Amerika tidak mau pejuang yang berkuasa,

Kalau dikatakan boneka ya tidak sepenuhnya karena sebenarnya para pemimpin Timur Tengah juga punya kepentingan. Arab Saudi misalnya, kan punya kepentingan juga, tidak selalu mengekor Amerika. Tetapi ada kepentingan Saudi juga menggunakan Amerika untuk menghadapi Iran.[]

 

Untuk menambah keberkahan, disarankan untuk menyebarkan artikel pada situs ini dengan menyebutkan URL sumbernya.

Developed by SmileBizMedia. All rights reserved