8 Mei 2017, HTI Tidak Dibubarkan! PDF Print E-mail
Wednesday, 10 May 2017 14:53

Mediaumat.com - Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) merupakan ormas berbadan hukum yang dilindungi hukum dalam beraktivitasnya. Namun pasca pidato Menkopolhukam Wiranto kemarin, tidak sedikit media massa secara gegabah menyatakan “HTI Dibubarkan” ada pula yang menyebut “HTI Resmi Dibubarkan”. Dan berbagai ulasan di televisi pun seolah-olah menunjukkan pidato Wiranto tersebut merupakan pembubaran HTI.

Padahal dalam pernyataan resminya tersebut, Wiranto hanya mengatakan, “Pemerintah perlu mengambil langkah–langkah hukum secara tegas untuk membubarkan HTI.” Kata “perlu” dalam pernyataan tersebut menunjukkan pada 8 Mei 2017 tersebut “tidak” terjadi pembubaran. Yang terjadi adalah pengumuman bahwa pemerintah berencana mengambil langkah hukum agar HTI dibubarkan. Maka, berdasarkan UU yang berlaku, hingga detik ini pun HTI merupakan ormas berbadan hukum yang dilindungi hukum dalam beraktivitasnya.

“Surat peringatan saja belum pernah diterima HTI. Tidak pernah ada pembubaran ormas melalui pidato,” ujar Juru Bicara HTI Muhammad Ismail Yusanto, kemarin, beberapa saat setelah berita yang menyatakan “HTI Resmi Dibubarkan” mencuat.

HTI pun menilai langkah pemerintah untuk pembubaran tersebut harus dihentikan. “Langkah pemerintah ini harus dihentikan, karena menghentikan dakwah bukan saja bertentangan dengan UU tapi juga hak masyarakat untuk menyampaikan pendapat juga bertentang dengan ajaran Islam  itu sendiri,” pungkas Ismail.[] Joko Prasetyo

 

Untuk menambah keberkahan, disarankan untuk menyebarkan artikel pada situs ini dengan menyebutkan URL sumbernya.

Developed by SmileBizMedia. All rights reserved