Penundaan Sidang Pembacaan Tuntutan Ahok, Diduga Faktor Politik PDF Print E-mail
Wednesday, 12 April 2017 15:16

Mediaumat.com - Penundaan sidang pembacaan tuntutan kasus penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaya Purnama hingga tanggal 20 April yang kebetulan sehari setelah pilkada DKI, diduga karena faktor politik.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Pimpinan Angkatan Muda Muhammadiyah Pedri Kasman, yang menilai adanya faktor politik dalam penundaan sidang kasus hukum penistaan agama.

“Kami menyaksikan dengan jelas bahwa diduga penundaan sidang ini dipengaruhi oleh faktor politik, atau faktor kekuasaan,” ungkapnya dalam jumpa pers pasca sidang (11/04) di Kementrian Pertanian Ragunan, Jakarta.

Pedri menjelaskan kejanggalan dari sidang yang akhirnya ditunda, pada awalnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengatakan bahwa mereka belum siap membacakan karena belum selesai mengetik berkas, namun saat hakim mengatakan akan menunggu berkas selesai hingga jam 12.00, JPU meminta pertimbangan surat dari Kapolda Metro Jaya, yang menyarankan sidang pembacaan tuntutan ditunda karena faktor keamanan.

“Ditunda hingga tanggal 20 satu hari setelah Pilkada DKI, kami menduga ini semua diskenariokan sehingga lepas satu hari sebelum pilkada sidang ditiadakan. Padahal dalam konteks pilkada seharusnya tak berpengaruh pada sidang ini, tapi memang kalau hari ini tuntutan dibacakan, mungkin elektabilitas Ahok memang akan berkurang,” jelasnya.

Pedri yang juga menjadi salah satu pelapor kasus yang menyeret Ahok menambahkan bahwa dirinya dan para pelapor lainnya menginginkan tegaknya keadilan terhadap kasus penistaan agama tersebut.

”Kami sangat menginginkan pada kasus ini berjalan pada koridor yang benar, pada koridor hukum, tidak dipengaruhi faktor lain seperti politik dan lain-lain,” tegasnya.

Kejadian di persidangan yang ditunda dinilai adalah negosiasi yang menguntungkan salah satu pihak di Pilkada DKI.

“Kami meminta kepada para penegak hukum yang bersangkutan, untuk melakukan evaluasi besar besaran, dan melakukan investigasi kepada pihak pihak yang terkait pada kasus ini, karena patut diduga, persidangan ini sudah tidak murni,” pungkas Pedri. []fatihsholahuddin

 

Untuk menambah keberkahan, disarankan untuk menyebarkan artikel pada situs ini dengan menyebutkan URL sumbernya.

Developed by SmileBizMedia. All rights reserved