Dari UIN Suska untuk Dunia, LDK Al Karamah Kenalkan Panji Rasulullah PDF Print E-mail
Monday, 03 April 2017 16:21

Mediaumat.com - Tak kenal maka tak sayang. Begitu kalimat yang sering kita dengar. Saat ini banyak umat islam khususnya mahasiswa yang tidak mengenal apa itu Panji Rasulullah shallahu 'alaihi wa sallam. Lebih lanjut apa yang dimaksud dengan Al-Liwa dan Ar-Roya. Oleh karena itu, Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al Karamah UIN Suska Riau mengadakan suatu Dauroh Islam Rahmatan lil 'Alamin yang bertemakan "Mengenal Panji Rasulullah" di PKM UIN Suska Riau pada tanggal 26 Maret 2017.

Acara yang diikuti oleh sekitar 150 Mahasiswa/i dari UIN Suska Riau, UNRI, UNILAK ini diberikan materi tentang Islam Rahmatan lil 'Alamin oleh Sdr. Sumaan Ibnu Hajar, Pembina LDK yang menjadi Ketua LDK pada tahun 2012. Diantara yang disampaikannya adalah bagaimana mahasiswa saat ini agar semangat dalam belajar dan mengkaji islam dengan aturan syariahnya. Sehingga para mahasiswa dapat mengamalkan dan mendakwahkannya. beliau juga mengatakan hendaklah kita sebagai generasi muda islam kenal dangan islam itu sendiri.

Setelah itu materi tentang pengenalan Al-Liwa dan Ar-Roya disampaikan oleh Ust. Edi Manik, M.Si, seorang yang sarjananya alumni UIN Suska Riau yang juga Pembina LDK. Beliau menyampaikan bahwa Al Liwa adalah bendera Rasulullah atau bisa disebut bendera Islam yang berwarna putih dan tulisannya berwarna hitam. Sedangkan Ar-Roya adalah Panji Rasulullah yang berwarna hitam dan tulisannya berwarna putih. Pada keduanya tertuliskan kalimat syahadat. Beliau juga mengutip Sabda Rasulullah shallahu 'alaihi wa sallam "Panji (Ar Rayah) Rasulullah berwarna hitam dan benderanya (Al Liwa') berwarna putih, tertulis padanya : Laa ilaha illallah Muhammadar Rasulullah" (HR. Thabrani).

Kemudian acara ditutup dengan tanya jawab, penyerahan Panji Rasulullah kepada kedua pemateri. Para peserta juga mendapat Panji Rasulullah shallahu 'alaihi wa sallam dengan Gratis. Asyik ya.[yif]

 

Untuk menambah keberkahan, disarankan untuk menyebarkan artikel pada situs ini dengan menyebutkan URL sumbernya.

Developed by SmileBizMedia. All rights reserved